Makalah Software Engineering (Methodology, Model Spiral dan Agile Development)
Untuk kalian yang ingin membaca lebih detail isi makalah .pptnya, kalian bisa download menggunakan link yang berada pada akhir artikel ini:
Major Methodologies
Waterfall Method
II. MODEL SPIRAL
Prototipe Model Spiral
- (1) The application of a systematic, disciplined, quantifiable approach to the development, operation, and maintenance of software; that is, the application of engineering to software. (2) The study of approaches in (1).
- Penerapan sistematis, disiplin, pendekatan kuantitatif untuk pengembangan, operasi, dan pemeliharaan perangkat lunak; yaitu penerapan rekayasa perangkat lunak. (2) Studi tentang pendekatan (1).
- Merupakan deskripsi yang disederhanakan dari proses perangkat lunak dipresentasikan dengan sudut pandang tertentu.
- Mencakup kegiatan yang merupakan bagian dari proses perangkat lunak, produk perangkat lunak, dan peran orang yang terlibat pada rekayasa perangkat lunak (RPL).
- Software Development Methodology (Model Process)
- A formalized approach to implementing the Software Development Life Cycle (SDLC) (Dennis, 2012)
- A simplified representation of a software process (Sommerville, 2015)
- A distinct set of activities, actions, tasks, milestones, and work products required to engineer high quality software (Pressman, 2015)
1.Structured Design
- Waterfall method
- Parallel development
2.Rapid Application Development
- Phased Development
- Prototyping
- Throw-away Prototyping
3.Agile Development
- Extreme Programming (XP)
- Scrum
- Lean Development
Structured Design
- Projects move methodically from one to the next step
- Generally, a step is finished before the next one begins
- Type of Structured Desin: Waterfall Method, Parallel Development
1.Pros
- Identifies systems
- requirements long
- before programming
- Begins, it minimizes change to the requirements as the project proceed (mature)
2.CONS
- Design must be specified on paper before programming begins
- Long time between system proposal and delivery of new system
- Rework is very hard
Kekurangan waterfall :
- Seakan-akan masing-masing kegiatan berbeda, padahal tidak demikian.
- Error ditemukan terlambat, yaitu pada tahap implementasi atau maintenance.
- Nomor 2 terjadi, maka biaya tambah mahal karena harus membuat ulang dari awal, seperti dokumentasi, design, coding, testing.
- Keterlibatan customer sangat minim. Customer harus sabar menunggu hingga semua program selesai dibangun.
- Konsumen sulit membaca dokumen menyebabkan komunikasi juga menjadi sulit
- Awalnya diusulkan oleh boehm, merupakan model proses PL evolusioner yang merangkai sifat iteratif dari prototype dan aspek sistematis model sequensial linier (=waterfall).
- Model spiral: pendekatan realistis dalam pengembangan sistem skala besar.
- Model ini menggunakan prototipe sebagai mekanisme mengurangi resiko, bahkan memungkinkan dibuat prototipe untuk setiap kegiatan.
- Komunikasi pelanggan (customer communication) Membangun komunikasi antara developer dengan user dan kebutuhan yang diinginkan oleh user
- Perencanaan (planning) Mendefinisikan Sumber Daya, perkiraan waktu & informasi lain yang berhubungan.
- Analisis resiko (analysis risk) Menaksir resiko manajemen dan teknis.
- Perekayasaan (engineering) Membangun satu atau lebih representasi dari aplikasi secara teknik
- Konstruksi dan peluncuran (construction & release) Mengkonstruksi, menguji, instalasi dan costumer support
- Evaluasi pelanggan (customer evaluation) Upaya untuk mendapatkan umpan balik dari pelanggan.
- Baik digunakan untuk sistem dan PL yang besar.
- Ditekankan pada pencarian alternative dan pemaksaan penggunaan kembali software yang telah ada.
- Adanya analisis resiko untuk memperkecil resiko
- Adanya prototype yang memudahkan komunikasi dengan konsumen
- Memerlukan waktu cukup lama u/ mengembangkan PL.
- Sistem Kontrol yang kurang baik
- Tidak banyak cerita sukses mengenai design menggunakan model ini.
- Biasanya developer dan customer berada pada satu pihak yang sama.
- Tahapan analisa resiko sewaktu-waktu dapat membatalkan proses rekayasa, jika developer diluar perusahaan maka akan timbul masalah hukumRapid Application Development (RAD)
1.Type of RAD:
- Phased development: a series of versions
- Prototyping: System prototyping
- Throw-away prototyping: design prototyping
- Critical elements to speed up the SDLC:
- Visual programming languages
- Code generators
Prototyping
- Prototyping adalah proses iterative dimana requirement diubah ke dalam sistem yang bekerja (working system) dan secara terus menerus diperbaiki melalui kerjasama antara user dan analis.
- Prototype juga bisa dibangun melalui beberapa tool pengembangan untuk menyederhanakan proses.
- Prototyping merupakan bentuk dari rapid application development (RAD).
Prototype methodology
- Analis bekerja dengan tim untuk mengidentifikasi requirement awal untuk sistem
- Analis kemudian membangun prototype. Ketika prototype telah selesai. User bekerja dengan prototype itu dan menyampaikan pada analis apa yang mereka sukai dan yang tidak mereka sukai.
- Analis kemudian menggunakan feedback ini untuk memperbaiki prototype
- Versi baru diberikan kembali ke user
- Ulangi langkah-langkah tersebut sampai user merasa puas
- Use prototypes only to understand requirements
- Example: use html to show UI
- Prototype is not a working design
- Once requirements are understood, the prototypes are thrown away
III. Agile Development
- Just a few rules that are easy to learn and follow
- Streamline the SDLC
- Eliminate much of the modeling and documentation
- Emphasize simple, iterative application development
Type of Agile Development:
- Extreme Programming (XP)
- Scrum
- .Lean Development
- Dynamic Systems Development Model (DSDM)
Scrum
- Project members form a Scrum Team consisting of 5–9 people
- The goal of the Sprint is determined and the prioritized functionality is broken down into detailed tasks
- The team is self-organized and the members have a joint responsibility for the results
- Each Sprint enhances the product’s market value and adds new functions and improvements that can be delivered to the customer
XP vs Scrum vs Lean
- XP deals with how to work with programming
- Scrum deals with how the project is organized and planned
- Lean Development deals with which comprehensive principles should apply for the entire development organization
Makalah ini disusun oleh Wahuno
Download makalah .ppnya disini: Makalah Software Engineering.ppt
Download makalah .ppnya disini: Makalah Software Engineering.ppt
0 Response to "Makalah Software Engineering (Methodology, Model Spiral dan Agile Development)"
Post a Comment